Blog bermanfaat untuk segala ummat

Sobat, Jangan menyalahkan orang lain


www.amarmadiun.blogspot.com



Dear Sobat

Memang paling mudah menyalahkan orang
lain atau situasi jika terjadi
sesuatu masalah. Padahal menurut
penelitian yang dimuat di Harvard
Business Review, bermain dalam
permainan menyalahkan tidak akan
pernah berhasil. 

Dalam penelitian itu, mereka yang
menyalahkan orang lain atas
kesalahannya dapat kehilangan status,
kurang mendapat pelajaran, dan
berperforma buruk dibandingkan
orang-orang yang mengakui kesalahan
mereka. 

Menyalahkan itu menular.
Jika Kita menyalahkan orang lain atas
apa yang Kita rasakan, Kita justru
memberi kekuatan pada mereka bahwa
Kita sebenarnya tergantung pada
mereka. 

Padahal seharusnya, tak seorang pun
yang bertanggung jawab atas takdir
Kita! 

Kepercayaan diri Kita akan memancar
di saat Kita tidak menggantungkan
diri pada situasi dan orang lain. 
Jika Kita menyalahkan orang atau
situasi, Kita justru berteriak pada
dunia bahwa, "Saya tidak memiliki
kendali terhadap diri saya, saya
adalah korban. Orang lain di
kehidupan lebih berkuasa dari saya,
saya adalah korban."

Sobat, jadilah nahkoda dari 'kapal'
yang Sobat layari. Mulailah menerima
tanggung jawab, dengan begitu Kita
tidak perlu membagi pujian atas jerih
payah yang dibutuhkan dalam
mendapatkan pelajaran hidup, dan Kita
pun akan semakin percaya diri.
Pelajaran ini saya dapat dari guru IM saya



@



0 comments:

Sobat, Jangan menyalahkan orang lain